Siapa ... Aku?

 Apakah kau pernah merasa kalau semua yang kau lakukan itu ... bukan berasal dari dirimu?

Aku akhir-akhir ini sedang mengalaminya. Awalnya aku pikir ini perasaanku saja, namun lama-kelamaan ini menjadi sedikit mengganggu, jadi aku putuskan untuk menulisnya.

Tolong dengarkan aku dulu.

Jadi, karena 2 tahun belakangan ini aku menghabiskan sebagian besar waktuku di rumah, aku secara tidak sadar memperhatikan semua hal tentang orangtua dan adikku. Aku melihat bagaimana orang-orang di sekitarku bersikap, berbicara, dan bagaimana sifat mereka.

Dan aku tersadar sejak beberapa bulan yang lalu, saat itu rasanya banyak hal yang terjadi. Aku sedang berbicara dengan seorang teman dan setelah selesai berbicara dengan teman itu, aku merasa ... aku terdengar seperti mama, kadang aku merasa terdengar seperti bapak. Lalu saat aku bersikap menghadapi persoalan-persoalan, ataupun hal lain, aku merasa seperti adikku, atau terkadang seperti kedua orangtuaku. Apakah ini normal?

Aku tidak menyadari kemiripan itu saat aku berbicara dan bersikap, dan aku merasa semuanya normal saja. Aku penasaran seperti apa diriku bersikap tanpa pengaruh siapapun.

Tapi, dari semua yang aku lakukan, benarkah itu berasal dari diriku?

Lalu, seperti apa diriku yang sebenarnya?

Siapa diriku sebenarnya?


Siapa ... Aku?


20.38

Rabu, 22 Juni 2022


Comments

Popular Posts